Selasa, 30 Juni 2015

Membaca Tentang Form Follow Function yang sering dibahas didunia arsitektur

Form follows function muncul pada awal abadke-20. Form follows function sering diasosiasikan dengan modern architecture dan industrial design.
Form follows function itu sendiri diartikansebagai : The shape of a building or objectshould be primarily based upon its intendesfunction or purpose. Yaitu bentuk bangunanatau suatu objek harus disesuaikan denganfunsi atau kegunaannya.
Modern adalah efisien. Bentuk indah hanya sah jika memiliki fungsi yang berguna, bukan hanyasekedar hiasan. Segala tambahan atauornamen yang tidak memiliki fungsi sebaiknyadipangkas (reduce). Kegenitan dianggap haram.Semuanya bergerak cepat, tak ada waktu untuklengkungan di tiang atau ukiran di atas pintu.Slogan form follows function (bentuk mengikutifungsi) menjadi dasar filosofi modernisme.Minimalisme adalah puncak dari semua itu.Lurus. Polos. Dingin
Kata form follows function itu sendiri diperkenalkan oleh LouisHenri Sullivan pada tahun 1896 pada salah satu artikelnya The tall building artistically considered. Louis Sullivan adalahseorang arsitek Amerika yang dikenal sebagai “Father of Modernism”. Salah satu murid Louis Sullivan yang mengikuti jejaknya adalah Frank Lloyd Wright.Berikut ini adalah quote dari perkataan Sullivan secara lengkap :
It is pervading law of all things organic and inorganicOf all things physical and metaphysical,Of all things human and all things super-humanOf all true manifestations of the head,Of the heart, of the soul,That the life is recognizable in its expressionThat form ever follows function.This is the law.
Sebagai permulaan, Sullivan membangun sebuah skyscrapersdi Chicago pada akhir abad ke-19. Karena desakan ekonomi dan lain sebagainya, maka Sullivan memandang perlu adanya perubahan gaya arsitektur dari gaya arsitektur sebelumnya.Oleh karena itu Sullivan membuat design sesuai denganprinsip yang ia buat sendiri “form follows function”
Yang sebagai tolak belakang dari “form follows precedent”.Selain digunakan dalam bidang arsitektur, teori ini jugadigunakan pada bidang - bidang lain. Bidang - bidang tersebut antara lain;product design, software engineering, automobiledesign,dan anatomy and evolution.

1 komentar:

  1. What is Make Money? – How To Make Money
    How to make money on sports betting งานออนไลน์ — It's a 1xbet korean money-making strategy that involves gambling on sports. As the name 메리트카지노 implies, it involves betting on how much

    BalasHapus